Laman

Sabtu, 13 Februari 2010

Menginstal Joomla

Tulisan berikut merupakan ringkasan dari banyak sumber, sebagai bahan referensi kita untuk mengenal lebih dekat salah satu CMS yang populer saat ini yaitu Joomla!

Jika anda baru mengenal Joomla! Bersiap-siaplah anda untuk berdecak kagum atas kehandalan CMS ini. Berkali-kali Joomla! Memperoleh penghargaan, komunitasnya pun banyak dan anda tidak akan menyesal mempelajari dan menggunakan Joomla! Dengan menggunakan Joomla!, banyak 'ritual’ pemrograman web yang tidak perlu kita kerjakan. Semua tersedia dan anda tinggal menggunakannya tanpa perlu belajar bahasa pemrograman yang 'njlimet’.

Baiklah, saya tidak akan berpanjang lebar bercerita tentang Joomla! Pada tahap awal kita akan mencoba mencicipi kelezatan Joomla!, Untuk menikmatinya kita harus membuat Joomla ada di depan mata agar bisa dipandangi dan dicoba.

Joomla dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Jadi, untuk membuatnya kita harus menginstal PHP yang sekarang telah banyak tersedia paket aplikasi pendukung yaitu Apache, MySQL dan PHP. Ketiga aplikasi tersebut dapat anda instal menggunakan paket instalasi yang populer antara lain
Menginstal XAMPP di lokal server

Pada tulisan kali ini saya akan memberi contoh menggunakan paket aplikasi XAMPP dan menginstallnya di lokal server (di komputer yang anda gunakan saat ini). Dengan harapan, anda bisa bereksperimen sampai mahir, tanpa resiko, karena hanya menggunakan komputer kita saja (offline).
Berikut langkah-langkah menginstal XAMP di komputer anda :
  1. Download XAMPP installer dari link berikut http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html#641
  2. Pilih installer yang tersedia sesuai dengan operating system komputer anda.
  3. Instal file yang telah anda download sesuai dengan lankah-langkah yang muncul pada jendela wizard.
  4. Pada akhir instalasi akan muncul jendela command prompt yang menampilkan code script PHP. Tunggu beberapa saat, sampai jendela tersebut hilang.
XAMPP install
Jika proses instalasi telah selesai akan muncul konfirmasi selesainya instalasi dan klik ok untuk menampilkan jendela XAMPP kontrol panel.

xampp panel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar